Pages

Minggu, 24 November 2013

Mitos Manusia Kembar Buaya Dalam Masyarakat Bugis

Buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae .             
   Sebenarnya saya sendiri belum merasa percaya akan adanya hal yang dikatakan bahwa mitos tentang manusia kembar buaya ini. Bagaimana mungkin seorang manusia yang berjenis kelamin perempuan mampu ataupun tidak sengaja melahirkan bayi kembar manusia dan buaya. Ketika berfikir secara logika tentunya tidak mungkin, gen yang dibawa oleh manusia dan buaya saja sudah berbeda. Kalaupun dikatakan adanya hal tersebut terjadi hanya pada beberapa masyarakat bugis-makassar yang masih mempercayai akan adanya hal tersebut yang dapat memberikan mereka peruntungan jika memelihara nya persis dengan kembaran manusia nya.
   Menyangkut yang pertama, manusia beranak buaya adalah "hal" yang mustahil, karena dilihat dari ilmu genetika, gen manusia tidak sama dengan gen buaya. 
   Orang yang kembar buaya ini biasanya turun temurun dari generasi kegenerasi pada suku Bugis dan Makassar yang tradisi dan ritul-ritualnya tak bisa terelakkan buat generasi penerusnya. Dan jika sengaja mengabaikan maka akan mengalami semacam kejadian–kejadian aneh yang tidak bisa diterima dengan akal sehat manusia. Untuk menelusuri asal muasalnya kepercayaan ini tentu susah mencari sumbernya karena sudah melewati banyak generasi, namun mengenai tradisi-tradisi yang sering mereka buat sering kita temui. 
  Jika orang yang punya keturunan kembar buaya ini menikah dia harus melakukan “bebuang” semacam sesaji yang berbentuk kapal dari daun pisang yang berisi telur, lilin, kacang-kacangan dan di hayutkan dilaut dengan bantuan orang pintar (sandro), Disertai ikatan benang kuning di tangannya sewaktu bersanding atau mengucapkan akad nikah. Jika ritual ini tidak di laksanakan oleh orang yang bersangkutan, maka akan terjadi kejadian aneh-aneh semasa pesta perkawinannya.
   Begitu juga ketika si generasi keturunan kembar buaya tersebut hamil 7 bulan dan sebelum melahirkan juga melakukan ritual “bebuang” tersebut. Tapi yang menakjubkan mereka yang punya keturunan kembar buaya ini, katanya mereka bisa selamat jika terjadi kecelakaan di laut atau yang masih berhubungan dengan air.
   Namun setelah diungkap dan beberapa opini yang saya dapatkan dari penelitian ilmiah, bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka. Manusia yang lahirnya bersamaan lahirnya buaya hanya dikatakan kembaran buaya karena tepat bersamaan dengan buaya tersebut ataupun saja orang jaman dahulu disuku bugis-makassar mengatakan sebenarnya itu fakta, namun tidak mungkin secara ilmiah seorang wanita melahirkan seorang bayi buaya. Semua yang terjadi bertentangan dengan genetika.
   Sekian mungkin kutipan  yang bisa saya tuliskan pada artikel ini, ada baiknya kita tidak langsung mempercayai adanya hal-hal yang aneh yang dianggap mitos dimasyarakat sekitar. Semua hanya kembali pada Allah SWT karena hanya dialah yang maha menciptakan. 

sumber : http://aunhyy.blogspot.com/2013/05/mitos-manusia-kembar-buaya-dalam.html?showComment=1385343983420#c6710006147903406618
 
 
 

16 komentar:

  1. Says setuju bahwa secara genetika mustahil (impossible) perempuan atau manusia mampu melahirkan buaya (hewan). Apalagi dalam kitab suci Al-Qur,an dikatakan bhw mahluk paling mulya Dan sebaik-baik bentuk adalah manusia. Cuma fenomena sebagian masyarakat kits yg under_educated Dan rendah pemahaman agama x kerapkali mudah percaya dgn hal hal yg berbau klenik dan motos, apalagi dukun seringkali membumbui karena ada kepentingannya. Paling bahaya adalah ritual ini dekat sekali dgn kesyrikan So, waspadalah, mari kita bentengi akidah Dan tingkatkan ilmu pengetahuan masyarakat Serta keluarga kita

    BalasHapus
  2. sotta... Itu rHasia aLLah kLau aLLah sdaH berkeHendk pasTi Terjadi.. Tdak sMua nya di dUnia ini di snGkut kan dGan iLMu iLMah..

    BalasHapus
  3. Remi, belajar dulu baru bilang sotta, yg mlahirkan buaya itu rata2 mlahirkan oleh dukun. Pernahkan ada berita acara melahirkan di rumkit atau puskesmas org mlahirkan buaya?
    Coba kalian meruqyah buaya yg di katakan kembaran manusia, bisa jadi itu hewan betulan atau bisa jadi jin yg bersemayam dlm tubuh buaya agar kalian mempecayai setan sehingga kita tersesat dan meninggalkan aqidah kita.... sungguh setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.
    Wallahu a'lam bissawab

    BalasHapus
  4. Kepercayaan bugis pra islam manusia terdiri dari 4 unsur elemen 1.tanah,2.air,3.api dan 4,angin ini bisa dilihat dari lambang sulapa eppa/walasuji.. '<>' Sukku(sempurna) dewata seuwa'e,stelah islam datang memperkuat sebagaimana termaktub di alquran "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari saripati yang(berasal) dri tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani(QS.Al-Mu'minun 23:12) dn bbrp ayat lain


    Sulappa eppa <> ini juga yg menjadi lambang tuhan, lambang bijak arung dll juga cikal bakal aksara lontara bugis,sulappa epppa <> 'sukku'sempurna,huruf 'sa' di aksara bugis.. Satu2nya aksara tanpa asimilasi dari peradaban manapun
    Jadi.. Kepercayaan bugis bahwa setiap satu kelahiran di sertai 4 kembaran..
    1.Ari ari(plasenta) kembaran elemen tanah.. Biasa nya di kubur dan di pagari sulappa eppa..
    2 air ketuban dan darah cair kembaran elemen air dan Kembali k air dan inilah di mitologi/mitos kembaran buaya(ana tau/to risalo)
    3.Darah kental kembaran unsur elemen api tpi menyatu dgn air.. Ini jga yg menjadi mitologi/mitos yg jadi kembaran buaya elemen api tpi bercampur air pemikiran moyang kita pada zaman itu unsur api yg b'campur air maka akan jadi buaya penguasa air
    4 nafas pertama bayi lahir kembaran manusia yg tinggal di langit(mallajang) "kembarku iya mallajang'E"

    mungkin pemikiran moyang kita dulu buaya adlh penguasa/raja air dan mereka mengangap itulah kembaran kita di air, buaya jga slalu di iringi banyak ikan(dianggap bwh rezeki) menegenai mitos bisa bantu di air, bwh bencana, sesajen dn banyak lagi yg lain.... Itu lebih banyak dari unsur mistik "komoditas" dukun'sanro' dijadikan opini celakanya dianggap suatu Kebenaran dn smpai hari ini masih banyak yg percaya.. Kita yg hidup era skrang.. Kita anggap ini kearifan lokal dan berterimahkasih kpd moyang.. Itulah cara mereka menjaga kelangsungan hidup kloni bugis dgn cara menjaga sumber kehidupan utama yaitu air Bersih.. Bersahabat dgn alam dgn cara menurut kita tdk logis.. Tpi toh mereka berhasil menjaga kesinambungan kehidupan.. Kita bisa saksikan skrang di jazirah sulsel sungai tempat buang sampah/limbah.. Dan bukanlah lagi menjadi beranda rumah Sepanjang aliran sungai... Malah di jadikan halaman belakang(kotor,bau) masikah kita bangga dgn kemoderenan kita..? Apakah kita menjaga air bersih ? Apa yg kita akan wariskan k generasi bugis berikutnya.... Masih banyak penjelasan yg lain.. Klw ada yg salah atau kurang mohon di luruskan..
    #wija sidenreng
    #lahir dibumi nene mallomo dn menetap di jakarta
    ~ ilyas santara ~

    BalasHapus
  5. saya percaya manusia bisa memiliki kembaran buaya. Simple... saya sudah mengalami sendiri, bahkan dia sering datang mengingatkan saya untuk sholat, ngaji, saya juga selalu ditegur bila saya melakukan kesalahan kecil sekalipun (misal- berbohong)
    Wujudnya serupa dengan gadis cantik berkulit putih bersih, serta berambut panjang.
    Dulu saya tidak percaya dan sudah mencoba menyingkirkannya, namun dia tidak bisa disingkirkan dia berkata ''kita adalah keturunan yang sama, kamu tidak akan bisa menyingkirkan saya''. Dan dia sekarang hidup bersama saya, kadang dia datang dan pergi sesukanya. Sedikit menyenangkan dan mengejutkan. Tidak ada yang bisa melihatnya kecuali saya sendiri.

    BalasHapus
  6. setiap manusia yg lahir maka ada jin yg menyertai dgn artian ada jin yg melahirkan yg dalam agama disebut khadam dan qarinah. khadam ini menyerupai kita dan memiliki sifat dan perbuatan yg sama dgn kita. sedangkan qarin jin yg gentayangan saat org meninggal. makanya ada yg merasa bhwa org yg meninggal bisa gentayangan pdhl itu qarinnya

    BalasHapus
  7. setiap manusia yg lahir maka ada jin yg menyertai dgn artian ada jin yg melahirkan yg dalam agama disebut khadam dan qarinah. khadam ini menyerupai kita dan memiliki sifat dan perbuatan yg sama dgn kita. sedangkan qarin jin yg gentayangan saat org meninggal. makanya ada yg merasa bhwa org yg meninggal bisa gentayangan pdhl itu qarinnya

    BalasHapus
  8. Aku juga awalnya tidak percaya, tapi ini dalam suku yg berbeda,yaitu suku kutai, dari keluarga ku keturunan mama ku, ada keturunan buaya, aku di ceritakan,dulunya dari nenek yg terdahulu, saat lahir, nenek moyang ku mempunyai kembaran seorang buaya, dan dipelihara , awalnya hidup rukun seperti biasa,namun warga di sekitar tidak suka akan hal ini, dia mengusir sang kembaran buaya, karena ditakutkan akan membahayakan,jadi buaya itu berswdia untuk pergi ke sungai, namun dg syarat harus di perlakukan layaknya kembarannya,di beri makan, dan dipelihara, dan jangan di benci, dan setiap generasi harus ada yg memelihara,sebelumnya mama ku tidak ada masalah apa2, namun setelah paman mama ku meninggal, keturunan buaya itu selalu mendatangi mama ku,dia sering di rasuki, dia marah, karena tidak pernah di beri makan, jika mama ku lagi sakit, buaya itu akan datang, tapi setelah paman tertua mama ku bilang kalau buaya itu harus di beri makan, dengan sesajen yg telah di siapkan oleh orang pintar di kampung,namun setelah mengadakan ritual pemberian makan, mama ku langsung alhamdulillah sehat, tidak di datangi lagi, aku pernah bertanya kepada sepupu mama ku, apakah bisa keturunan itu dibuang, dia menjawab tidak bisa, karena itu harus ada yg melihara, dan dari keturunan mama ku,yg pastinya buaya itu akan menurun diantara aku dan saudaraku, itu yang aku takutkan, karena sebenarnya aku tidak mempercayai hal yang begitu, namun mau di apakan?keturunan itu selalu datang, walaupun sudah pernah datang ke ustad, namun tetap tidak bisa di buang. Walaupun sekarang sudah jaman era modern, tapi mistis itu selalu ada.

    BalasHapus
  9. Semua yg terjadi di dalam dunia ini hingga hari kiamat sdh di jelaskan di dalam alquran oleh Allah swt..klw soal manusia melahirkan binatang sya rasa tdk ada..jadi klw tdk ada dalam alquran itu berrti mitos belaka..yg ada dlm alquran cma keajaiban tentang kelahiran nabi isa as..buaya kembaran manusia cuma org bodoh berpikir tdk pke logika yg menganggapnya benar

    BalasHapus
  10. JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
    Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
    Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
    Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
    JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
    -Poker
    -AduQ
    -BandarQ
    -Domino QQ
    -Capsa Susun
    -Bandar Poker
    -Bandar Sakong
    -Bandar 66 (NEW)
    Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
    -Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
    -Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
    LiveChat 24 Jam Online
    PIN BBM : 2AE76E22
    WA : 081319506846
    WEBSITE :www.jaguarqq.info

    BalasHapus
  11. Salam Bg, Mungkin bagi banyak orang itu hal mustahil bg, tapi itulah kenyataannya, itulah kuasa Allah SWT, saya adalah salah satu dari hal yg di bahas di atas. Saya dari keturunan orang Bone bg, Tepatnya Arung.
    ingat bg, itulah kuasa Allah SWT, kebanyakan orang tidak percaya karena belum pernah melihatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mau melihatnya ?
      Kalau mau sya titip lewat mimpi .
      Saya beri tahu intinya .
      Kalian jngan mngungkit .

      Hapus
  12. Kalian seenak nya bicara .
    Saya pernakan bugis dayak .
    Saya korban dari leluhur.
    Saya yang mewarisi dari bapak saya .
    Jangan pernah ungkit luluhurku .
    Jngan menambah nambahkan bumbu .
    Kalau hanya dengar cerita .
    Saya tidak suka .

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...